Home 10 Bencana 10 Puluhan Hektar Lahan Tanaman Padi Rusak

Puluhan Hektar Lahan Tanaman Padi Rusak

Tangkis Jebol

JEMBER – SBCTV – Intensitas curah hujan yang masih tinggi di Kabupaten Jember membuat warga desa Paseban harus waspada, pasalnya sungai kali santer Kencong beberapa hari ini membanjiri puluhan hektar persawahan yang berada di pinggir pesisir pantai paseban.

Akibat meluapnya air sungai Kencong yang membajiri sawah, mengikibatkan tangkis yang berada di sebelah barat dekat pemukiman warga jebol, sehingga air sungai meluap dan membuat kubangan disekitar lahan persawahan tersebut. Dengan semakin besarnya air, warga membuat tangkis sendiri dengan menggunakan sak berisi pasir dan seksek, untuk menghindari air masuk kelahan persawahan mereka. Hingga saat ini lahan sawah tersebut masih tergerus air, sehingga mengakibatkan sawah tersebut rusak parah, yang perkirakan gagal panen. Belum ada penangan dari dinas terkait tentang kejadian ini.

Menurut warga sekitar yang dekat dengan tangkis tergerus itu, mengaku sangat khawatir, karena bilamana air tidak surut kemungkingan akan terjadi longsor lebih parah, karena dibawah tangkis sungai tersebut adalah pasir.

Menurut sumali warga sekitar menuturkan, jika tahun 1970 pernah terjadi tanggkis jebol, yang mengakibatkan warga setempat trauma dengan kejadian tersebut. Maka dari itu Sumali bersama warga bergerak cepat untuk membuat tangkis darurat.

Warga berharap agar kejadian ini cepat ditangani, karena ditakutkan lahan sawah mereka semakin rusak dan tangkis sungai jebol akan mengakibatkan satu dusun terkena banjir. (Suyono)

Share Button

About dony damara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelaku pengedar rokok tanpa cukai digrebek Polisi

Jember  – SBCTV “Pengedar rokok tanpa cukai, berinisal M, warga Jember  akhirnya berhasil dibekuk  oleh anggota ...