Home 10 Berita Terkini 10 Polisi Mengajar di Sekolah Terpencil

Polisi Mengajar di Sekolah Terpencil

SITUBONDO –  SBCTV Polres Situbondo Jawa Timur, mempunyai Program Polisi Peduli Sekolah Terpencil atau PROPESI  yang kegiatannya menyambangi sekolah-sekolah terpncil dan sekaligus memberikan bantuan kebutuhan sekolah.

Brigadir David Damayandi, salah satu Anggota Sat Binmas Polres Situbondo ini misalanya, setiap satu minggu sekali mempunyai tugas baru yakni membantu mengajar siswa sekolah dasar yang berada di daerah terpencil.

Usai apel pagi di Halaman Polres, Anggota Sat Binmas ini bergegas menggunakan sepeda motornya berangkat mengajar dengan menggunakan speda motor trail menuju SD Negeri 8 Filial Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Situbondo.

Setiap kali hendak mengajar, anggota polisi ini membutuhkan waktu sekitar hampir dua jam, padahal jarak dari Polres ke SD terpencil itu hanya sekitar 30 kilometer. Maklum untuk sampai di lokasi sekolah terpencil tidak mudah karena akses jalan sangat sulit dan bahkan akses jalan pegunungan itu kerap terjadi longsor.

Siswa dan siswi SDN 8 Filial Curah Tatal ini tampak sudah terbiasa mendapatkan bimbingan belajar mengajar dari seorang anggota polisi. Saat tiba di sekolah murid SD di Dusun Cobbuk, Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa ini bersalaman kepada Anggota Sat Binmas yang sudah tiba lebih dahulu di sekolah.

Proses belajar mengajar pun dimulai, Anggota Sat Binmas mulai mengajar di ruang kelas yang beberapa waktu lalu baru dibangun oleh Wakil Bupati Situbondo, karena sebelumnya bagunan sekolah ini terbuat dari kayu.

Ironisnya, para siswa Sekolah Dasar terpencil atau letaknya yang berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso ini, kendati sekolah dibangun gedung dua kelas masing-masing 3×3 meter mereka harus belajar di lantai tanpa alas, karena belum adanya bangku sekolah.

Namun demikian, siswa dan siswi di sekolah terpencil ini tampak bersemangat belajar terlihat ketika anggota polisi yang mengajar mereka.

Brigadir Pol David Damayandi ( Anggota Sat Binmas Polres Situbondo )

Brigadir David Damayandi mengaku, “termotivasi mengajar siswa SD terpencil ini karena melihat semangat siswa untuk belajar dan selain itu dikarenakan di sekolah tersebut guru pengajarnya hanya satu orang itupun honorer dan Guru Garis Depan atau GGD yang mengajar di sekolah ini hanya bisa mengajar seminguu sekali.”

Menurut David, kegiatan ini merupakan Program Polisi Peduli Sekolah terpencil atau PROPESI yang diprakarsai oleh Kapolres Situbondo AKBP Sigit Dany Setiyono sejak pertengahan 2017, dan kegiatannya adalah menyambangi dan memberikan bantuan peralatan sekolah kepada siswa yang kurang mampu di daerah terpencil.

Latar belakang program peduli sekolah terpencil ini terlaksana karena Polres Situbondo prihatin dengan kondisi sekolah di ddaerah terpencil, karena kendati indonesia meredeka ternyata masih banyak sekolah di daerah terpencil yang kurang layak seperti lantai sekolah masih abu dan bangunan terbuat dari kayu.

Brigadir David, ternyata juga tidak hanya mengajar di sekolah namun juga tetap mendampingi siswa dan siswi di daerah pegunungan itu untuk gemar membaca di sebuah gubuk kayu milik warga desa setempat.

Di tempat teras baca ini digunakan sebagai wadah anak-anak desa terpencil giat membaca selain belajar di sekolah.

Program Polisi Peduli Sekolah Terpencil dan didirikannya teras baca ini pun mendapatkan tanggapan positif dari tokoh masyarakat desa setempat sekaligus sebagai satu-satunya guru honorer di SDN 8 Filial Curah Tatal.

Andri Alias Matrawi ( Guru Honorer )

Informasi dihimpun berdirinya SDN 8 Filial Curah Tatal, bermula dari Pak Andri selaku tokoh masyarakat yang prihatin terhadap anak-anak di daerah terpencil itu tidak bisa mendapatkan pendidikan dan sehingga pada 2010.

Tokoh masyrakat itu membangun lembaga sekolah islam awalnya. Dan setelah berjalan tiga tahun tepatnya 2012, sekolah yang dibangun menggunakan dari kayu secara swadaya ditetapkan menjadi SDN 8 Filial Curah Tatal.

ALIFIA RAHMA

Saksikan Berita Selengkapnya

Di Jendela SBCTV Setiap Hari Senin – Sabtu Pukul 17.00 

Warta SBCTV Setiap Hari Senin – Sabtu Pukul 19.00

Warta Sepekan Setiap Hari Minggu Pukul 19.00

Siaran SBCTV Dapat di Akses Melalui 

http://live.sbctv.id atau http://video.sbctv.id/sbctv-jatim/

Download Aplikasi SBCTV di PlayStore

Video Yang Sudah Tayang Dapat Di Akses Melalui : http://video.sbctv.id

Share Button

About dony damara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Jelang buka puasa, warga Sidoarjo berburu buah blewah dan timun suri

Sidoarjo -SBCTV “Tanggal : 26 – 05 – 2018 Sambil menunggu waktu berbuka puasa, warga Sidoarjo ...