Home 10 Berita Terkini 10 Pasar Tembakau Menurun Petani Beralih Tanaman Jeruk Lokal

Pasar Tembakau Menurun Petani Beralih Tanaman Jeruk Lokal

Jeruk Lokal

JEMBER – SBCTV – Turunnya produksi  tembakau akibat anomali cuaca membuat para petani di desa Candi Jati Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember beralih menanam jeruk lokal. Budidaya ini dimulai sejak tiga tahun terakhir dan para petani mengaku hasil penjualan jeruk ini cukup menguntungkan.

Budidaya tanaman jeruk lokal yang digarap oleh para petani di desa Candi Jati, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Merupakan alternatif sebagai antisipasi menurunnya produksi tembakau yang membuat sebagian besar para petani merugi. Tiga tahun terakhir prospek tembakau sangat jauh dari harapan para petani, alih- alih petani bukan untung tetapi buntung. Penekanan kebijakan pemerintah dan cuaca yang ekstrim serta kemitraan dengan para petani tembakau yang hampir tidak ada menjadi faktor utama menurunya pasar tembakau.

Mmenurut Jumantoro selaku petani setempat, penanaman jeruk jember ini mempunyai nilai jual yang menguntungkan. Sehingga para petani tidak lagi mengalami kerugian yang cukup besar karena menurunnya penjualan tembakau. Meski menuai keuntungan, namun banyak kendala yang dialami dalam penanaman jeruk lokal ini salah satunya yakni penanganan OPT (Organisme Pengganggu Tanaman ) yang cukup luar biasa pertumbuhannya. (Suyono)

Share Button

About langoday

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

SYUKURAN TERPILIH MENJADI KEPALA DESA TEGALWANGI UMBULSARI KABUPATEN JEMBER

Tegalwanngi Umbulsari jember – sbctv.id Pemilihan Kepala Desa serempak di kabupaten Jember Jawa Timur Telah ...