Home 10 Berita Terkini 10 Kesenian Sintren Pemalang Perlu Perhatian Pemerintah

Kesenian Sintren Pemalang Perlu Perhatian Pemerintah

JAWA TENGAH – SBCTV  Minggu 25 Maret 2018, pagelaran kesenian asli Pemalang yaitu Sintren dipentaskan di Wahana Wisata Tengah Hutan Lindung  Desa Surajaya Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Kesenian sintren sendiri menggambarkan kisah cinta dua anak manusia yaitu legenda  Sulasi dan Sulandana yang begitu termasyur pada jaman penjajahan Jepang dimainkan dengan sangat apik oleh tiga remaja dari paguyuban seni sintren Desa Kaligelang Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang.

Grup seni sintren yang sempat mengalami pasang surut ini, pada tahun 1992 dulu bernama Sekar Arum, kemudian sempat mengalami perpecahan dan kembali lagi membentuk grup baru bernama Badar Arum hingga tetap exis sampai sekarang di bawah penasehat  Wahyudi seorang pengrajin batu merah berusia 70 tahun.

Kesenian sintren sendiri di lihat dari sisi pergaulan remaja sangat perlu sekali di pertahankan keberadaanya, karena  didalamnya berisi tentang ajaran menjaga pergaulan bebas antara lelaki dan perempuan yang akhir-akhir ini cenderung bebas tanpa kendali, para pemain yang  memainkan lakon Sintren harus perempuan yang masih suci belum pernah menikah dan yang memainkan lakon Bador harus masih bujangan.

Namun  sayang, kesenian asli Pemalang ini luput dari perhatian pemerintah dalam hal kepedulian tentang budaya kearifan lokal, serta pelestarian nya.

Wahyudi (Pegiat Kesenian Sintren Pemalang)

Wahyudi berharap, “pemerintah daerah mau mempertahankan kesenian sintren yang merupakan produk seni asli Pemalang yang sudah ada sejak jaman penjajahan, baik dengan memberikan ruang pementasan di area area publik seperti di tempat rekreasi, taman budaya atau jika perlu dijadikan kalender tahunan untuk memperingati hari jadi Kota Pemalang.”

RAGIL SURONO

Saksikan Berita Selengkapnya

Di Jendela SBCTV Setiap Hari Senin – Sabtu Pukul 17.00 

Warta SBCTV Setiap Hari Senin – Sabtu Pukul 19.00

Warta Sepekan Setiap Hari Minggu Pukul 19.00

Siaran SBCTV Dapat di Akses Melalui 

http://live.sbctv.id atau http://video.sbctv.id/sbctv-jatim/

Download Aplikasi SBCTV di PlayStore

Video Yang Sudah Tayang Dapat Di Akses Melalui : http://video.sbctv.id

Share Button

About dony damara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Seminar tangkal faham Radikalisme dan Komunisme

Tanjungpinag – SBCTV ” Seminar kebangsaan yang dibuka oleh PLT Walikota Tanjungpinang drs. Raja Ariza mm, ...