Home 10 Berita Terkini 10 Jember Fashion carnival (JFC)

Jember Fashion carnival (JFC)

SBCTV Jatim ,Jember Fashion carnival (JFC) yang diselenggarakan di Jember sejak tahun 1998 , Tahun ini Jember Fashion Carnaval telah memasuki tahun ke 15 dengan tema utama REVIVAL ( Kebangkitan Indonesia di berbagai bidang ) dengan sub tema Garuda, Hortus, Technocyber, Woods, Paradisaea, Refugees, Ocean, Chandelier, Olympic dan Barong akan diselenggarakan pada tanggal 24 sampai dengan 28 Agustus 2016 di Jember Jawa Timur Indonesia. Saksikan kemegahan dan kehebohan dari Maha karya anak bangsa Jember Fashion Carnaval.

Jember Fashion Carnaval bekerjasam dengan Qubicle menyelenggarakan Pre Press conference penyelenggaraan JFC 15 yang akan diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2016 mulai Jam 16.00 sd 18.00 di Qubicle Centre Jakarta.Qubicle merupakan social content network yang merilis program Creative Tribe untuk menemukan, mendukung dan membangun generasi kreatif baru Indonesia. Penyelenggaraan JFC 15 akan diselenggarakan pada tgl 24 sd 28 Agustus 2016 di Jember Jawa timur – Indonesia .

Sebanyak 650an peserta berkarnaval, ber fashion run way dan dance, di jalan utama kota Jember disaksikan oleh ratusan ribu penonton di kanan dan kiri jalan mulai dari Central park sampai dengan Sport Hall Jember. Mereka terbagi dalam 9 defile yang masing-masing defile mencerminkan trend fashion pada tahun yang bersangkutan. Di Opening Defile ada Live performing art dari JFC Marching Band, diikuti defile yang kedua yaitu Defile Archipelago mengangkat tema busana nasional dari daerah tertentu secara berkala seperti Jawa, Bali, Sumatera, dan seterusnya. Defile lainnya mengangkat tema fashion yang sedang trend apakah dari suatu negara, kelompok tertentu, film, kejadian atau peristiwa
global lainnya. Semua busana dibuat dalam bentuk costume yang kesemuanya dikompetisikan untuk meraih penghargaan-penghargaan.

Peserta merancang, membuat, dan memperagakan sendiri costume mereka termasuk juga make up dan hair style yang ditampilkan. Untuk itu sebelumnya seluruh peserta yang berasal dari berbagai latar belakang usia, pendidikan dan status social mendapatkan in house training fashion design, fashion run
way, dance, presenter,singer, make up dan hair style yang diberikan secara cuma-cuma.

Konsep 4 E

EDUCATION ( Pendidikan ) Melalui in house training para peserta diberikan pengetahuan merancang busana, fashion run way, fashion dance, presenter, rias dan make up dan melalui ajang kompetisi ( olympiade) terlahir SDM yang percaya diri, terlahir instruktur, leader, koreographer, presenter , singer . Enterpreneur dll. Melalui penggalian potensi diri peserta dengan memberikan kesempatan untuk pengembangan kreativitas melalui kompetisi akan terlahir ide-ide baru baik dibidang seni tari/ dance, merancang busana , aksesories dll. Bagi Penonton juga menambah wawasan tentang budaya daerah dan budaya luar yang beraneka ragam.

ENTERTAINMENT (Hiburan) Sebagai even ekslusif yang dapat menjadi hiburan bagi masyarakat menyeluruh dari segala lapisan baik profesi, usia, pendidikan, latar belakang ekonomi dan sebagainya.

EXHIBITION (Pameran) Menjadi pusat study atau research perihal Fashion Carnaval, menjadi obyek pengambilan photo bagi photographer professional dan banyak lainnya.

ECONOMIC BENEFIT (Pengembangan perekonomian). Melalui penyelenggaraan event yang mempunyai konsep yang jelas, SDM yang berkwalitas, berkesinambungan, menarik , memperoleh dukungan dari masyarakat, pemerintah dan wakil rakyat memungkinkan untuk menjadi potensi wisata unggulan yang dapat menggerakkan potensi wisata lainnya ( perhotelan, restaurant, transportasi, souvenir, makanan khas dll. )

Persiapan Peserta JFC

  1. Research Trend Fashion Dunia yang bakalan menjadi trend tahun berikutnya dengan mencari informasi ke pusat mode dunia seperti London, Paris, Milan, Tokyo dan New York. Dari trend yang bakalan muncul kita pilih tema-tema yang kalau dikemas dalam konsep karnaval akan menjadi suatu kemasan yang baik dan penuh kreativitas.
  2. Rekruitmen peserta melalui promo dan audisi.
  3. Mengumpulkan / klipping gambar-gambar majalah mode dunia dengan acuan trend yang bakalan muncul.
  4. Researh dance atau tarian yang menjadi ciri utama dari tarian negara yang mewakili trend tersebut
  5. Research musik yang paling sesuai untuk mengiringi dance trend busana yang dipilih.
  6. Setelah musik dan ciri gerakan diketahui maka team Coreographer JFCC akan menciptakan gerakan yang sesuai.
  7. Sebelum proses pelatihan gerakan sesuai tema diberikan kepada peserta terlebih dahulu mereka dilatih fashion run way, pelatihan stamina
  8. Bila dance sesuai tema negara sudah tercipta proses pelatihan sudah bisa dilakukan pada peserta JFC
  9. Memberikan pelatihan merancang busana dengan inspirasi dari klipping majalah dan dari Pekan Mode dynand Fariz yang dipresentasikan oleh karyawan untuk semua jenis kostume dihadapan seluruh peserta sehingga peserta memperoleh gambaran riil busana yang akan dirancang oleh mereka.
  10. Memberikan pelatihan tata Rias Wajah, rambut, body painting, aksesories, mayorette, presenter, singer dan laian-lain.
  11. Memberikan pelatihan mengenai event organizer.
  12. Pembekalan –2 yang dapat memotivasi mereka agar mempunyai rasa tanggung jawab, disiplin tinggi, kerja sama dan saling membantu diantara mereka.
  13. Memberikan sarana kepada seluruh peserta untuk berkompetisi secara sportif lewat olympiade costume, aksesories, tata rias ,dancer, singer, mayorette , presenter dengan menyediakan trophy bagi mereka yang terbaik. Motto JFC adalah MENGGALI POTENSI MENCETAK PRESTASI.
  14. Puncak dari persiapan yang cukup lama dipresentasikan pada saat showtime di depan ribuan penonton yang telah menunggu penampilan mereka.
  15. Puncak acara terakhir adalah acara pemberian trophy bagi mereka yang berprestasi ( lebih dari 70 trophy disediakan bagi pemenang ) dan pemberian kesempatan belajar Short Course di Esmod Jakarta bagi pemenang JFC Award.

Proses persiapan dari awal sampai akhir memerlukan waktu kurang lebih 1 (satu ) tahun. Seluruh proses dari persiapan, show time hingga pemberian penghargaan para peserta tidak dibebankan biaya apapun.

History

1998
Berdirinya Rumah Mode Dynand Fariz sebagai realisasi dari keinginan
sdr. Dynand Fariz sebagai pendidik di bidang fashion tidak hanya memahami teori saja tetapi juga terjun langsung sebagai praktisi sehingga tahu persis keadaan di lapangan.
2001
Dimulainya acara Pekan Mode Dynand Fariz dimana seluruh karyawan selama sepekan harus berpakai sesuai dengan trend fashion dunia
2002
Dimulainya acara pekan Mode Dynand Fariz dengan berkeliling kampung dan alun-alun Jember . Timbulnya gagasan untuk menyelanggarakan JFC.
2003
1 Januari 2003 JFC 1 diselenggarakan bersamaan dengan HUT Kota Jember dengan tema busana CowBoy, Punk dan Gypsy.
30 Agustus 2003 JFC 2 diselenggarakan bersamaan dengan TAJEMTRA dengan tema busana Arab, Maroko, India, China dan Jepang ( Asia )
2004
8 Agustus 2004 JFC 3 dengan tema busana Mali, Athena, Brazil, Indian, Futuristic dan Vintage
Kalau JFC 1 dan JFC 2 EO nya adalah DFC maka mulai JFC 3 dikelola oleh JFCC
2005 7 Agustus 2005 – JFC 4 . Dipresentasikan dalam 8 Defile dan Pertama kali JFC mengangkat defile
Archipelago sebagai Opening defile dalam setiap penyelenggaraannya.dengan tema Jawa.
Diikuti defile berikutnya yakni Tsunami, Egypt, China, Grandprix, discontruction, England, Carribean
2006 Jember Fashion Carnaval 5 (JFC-5) diselenggarakan Minggu, 6 agustus 2006 di Jember, Jawa Timur, berorientasi trend fashion dunia (Soft Baroque, Mock Snob, Action Tribes dan Magic Circus ). dengan tema utama “Anxiety and Spirit of The World”. Yang terbagi dalam 8 defile yakni Archipelago Bali, Forest,Poverty,Mistic,Jamaica,Underground,Russia,World Cup
2007 Minggu, 5 Agustus JFC ( Jember Fashion Carnival ) memasuki penyelenggaraan keenam. Satu visi ke depan telah dicanangkan untukmenjadikan Jember sebagai “The World Fashion Carnival” City. JFC tidak saja diharapkan menjadi milik Jember, tetapi juga milik Indonesia bahkan dunia.
Tema utama kali ini “Save Our World” ynag berorientasi pada trend dunia: Human, Vegetal, Mineral dan Imagination. Terbagi dalam 8 defile yakni Archipelago Borneo, Prison, Predator, Undercover,Amazon, Chinesse Opera,Anime, Recycle
2008 Visit Indonesia 2008. JFC ( Jember Fashion Carnaval ) melalui Road show Nasional dan Internasional diharapkan menjadi magnet dunia sekaligus Icon Karnaval Indonesia yang berkelas dunia. Welcome to JFC “ World Fashion Carnival “ diselenggarakan Minggu 3 Agustus 2008 dengan tema utama “ World Evolution “ yang menginspirasikan perubahan bumi karena tingkah laku manusia yang tak terkendali. Terbagi dalam 9 defile . yakni Archipelago Papua, Barricade, Off Eart, Gate 11,Roots, Metamorphic, Undersea,Robotic.
JFC Marching Band.Tampil perdana sebagai Opening Defile dengan konsep berbeda dengan marching band lain.Kostum non-uniform dengan konsep “Fashion and Dancing “ Sebagai inovasi baru yang berorientasi Internasional Performing Art.
2009 Tahun Ekonomi kreatif Indonesia dan Visit Indonesia years 2009, memperkuat keberadaan JFC ( Jember Fashion Carnaval ) sebagai fenomena global Icon Indonesia
untuk karnaval berkelas dunia ,” World Fashion Carnival”. JFC memasuki tahun penyelenggaran ke 8, diselenggarakan di Jember, Jawa Timur, Indonesia pada Hari
Minggu, 2 Agustus 2009. Tahun ini JFC mengangkat tema utama ,”WORLD UNITY”, yang berarti satukan dan damaikan dunia. Tema ini merupakan pesan dalam
mengantisipasi segala hal yang berkembang di dunia baik dari masalah sosial, ekonomi, budaya maupun politik. sekaligus mengingatkan kita akan dampak isu global warming, krisis pangan dan lain-lain. Terbagi dalam 9 defile yakni dengan Opening defile JFC Marching band dengan tema perisai, Archipelago Ranah Minang,Upperground,Animal Plants,Off Life, Hard Shoft,Container, Techno Eth, Rhythm.
2010 JFC 9 dengan tema ” WORLD TREASURE ” akan mengungkap keberadaan fenomena alam dan peradaban budaya masa lalu, masa sekarang dan yang akan datang. Jika diolah kembali dapat menjadi kekayaan dan sumber inspirasi yang tak ternilai.
8 Agustus 2010, Jember, Jawa timur, Indonesia kembali menjelma menjadi kota karnaval dunia disepanjang catwalk 3,6 km dan didukung sekitar 600 peserta dengan
kostum,make up, koreografi ,tata warna ,karakter, stage, live & ilustrasi musik dengan formasi Fashion Runway, dance dan theatrikal, menjadikan JFC satu-
satunya karnaval yang terunik,fantastik,spektakuler dan amazing di dunia dengan dihadiri ratusan ribu penonton, ribuan media, photographer dan observer yang menjadi saksi lahirnya karya anak bangsa yang berhasil mewujudkan mahakarya kreatif berkelas dunia sebagai imajinasi bagian dari keajaiban dunia. Dipresentasikan dalam 9 Defile
yakni Defile pertama sebagai Opening JFC Marching Band dengan tema Dream Sky, Toraja, Butterfly,Thailand, Cactus, Kabuki,Mongol Apocalypse, Voyage.PendanaanSampai saat ini event ini adalah event sosial murni yang pendanaannya murni dibiayai oleh swadaya masyarakat dan penyelenggaraannya bekerjasama dengan pemerintah kabupaten dan kepolisian.

 

WELCOME TO JIE 2016
WORLD CLASS FASHION CARNIVAL

Gelaran tahunan World Class Street Fashion Carnival oleh Jember Fashion Carnaval yang tahun ini memasuki tahun ke-15 kembali digelar di Jember – Kota karnaval fashion dunia. Dengan mengusung tema besar R E V I V A L yang berisi 10 tema unik dan bebeda dengan tema-tema tahun sebelumnya, antara lainGARUDA, REFUGEES, OLYMPIC, HORTUS, CHANDELIER, WOODS, OCEAN, TECHNOCYBER, PARADISAEA dan BARONG.

Mulai Tanggal 24 Agustus 2016 digelar WOLD CLASS FASHION CARNIVAL antara lain :

KIDS CARNIVAL

25 Agustus 2016

Diperagakan oleh anak-anak dengan Costum Carnival, rute Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Gajah Mada – SMP SANTO PETRUS (finish)

ARTWEAR CARNIVAL

26 Agustus 2016

Special performing art FALL WINTER yang akan diperagakan oleh model dengan rute Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Jl. Gajah Mada, AULA PTPN XII (fini

WONDERFUL ARTCHIPELAGO CARNIVAL INDONESIA (WACI)

27 Agustus 2016

Special performing art keindahan budaya Nasional Indonesia yang dikemas dalam bentuk karnaval dan akan diperagakan oleh perwakilan propinsi di Indonesia dengan rute Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Jl. Gajah Mada, AULA PTPN XII(finish)

 

GRAND CARNIVAL

28 Agustus 2016

JFC-15 REVIVAL SHOW TIME merupakan acara puncak JFC INTERNATIONAL EXHIBITION. STREET FASHION dengan catwalk sepanjang
Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Jl. Gajah Mada , GEDUNG SERBAGUNA (finish)

 

 

WELCOME TO JIE 2016
WORLD CLASS FASHION CARNIVAL

Gelaran tahunan World Class Street Fashion Carnival oleh Jember Fashion Carnaval yang tahun ini memasuki tahun ke-15 kembali digelar di Jember – Kota karnaval fashion dunia. Dengan mengusung tema besar R E V I V A L yang berisi 10 tema unik dan bebeda dengan tema-tema tahun sebelumnya, antara lainGARUDA, REFUGEES, OLYMPIC, HORTUS, CHANDELIER, WOODS, OCEAN, TECHNOCYBER, PARADISAEA dan BARONG.

Mulai Tanggal 24 Agustus 2016 digelar WOLD CLASS FASHION CARNIVAL antara lain :

KIDS CARNIVAL

25 Agustus 2016

Diperagakan oleh anak-anak dengan Costum Carnival, rute Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Gajah Mada – SMP SANTO PETRUS (finish)

ARTWEAR CARNIVAL

26 Agustus 2016

Special performing art FALL WINTER yang akan diperagakan oleh model dengan rute Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Jl. Gajah Mada, AULA PTPN XII (finish)

WONDERFUL ARTCHIPELAGO CARNIVAL INDONESIA (WACI)

27 Agustus 2016

Special performing art keindahan budaya Nasional Indonesia yang dikemas dalam bentuk karnaval dan akan diperagakan oleh perwakilan propinsi di Indonesia dengan rute Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Jl. Gajah Mada, AULA PTPN XII(finish)

 

GRAND CARNIVAL

28 Agustus 2016

JFC-15 REVIVAL SHOW TIME merupakan acara puncak JFC INTERNATIONAL EXHIBITION. STREET FASHION dengan catwalk sepanjang
Jl. Sudarman (start), Jl. Sultan Agung, Jl. Gajah Mada , GEDUNG SERBAGUNA (finish)

Share Button

About langoday

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

Seminar tangkal faham Radikalisme dan Komunisme

Tanjungpinag – SBCTV ” Seminar kebangsaan yang dibuka oleh PLT Walikota Tanjungpinang drs. Raja Ariza mm, ...